Segini Biaya Sekolah Anak Ferdy Sambo Di Magelang

    Segini Biaya Sekolah Anak Ferdy Sambo Di Magelang
    Ferdy Sambo dan Sang Anak yang bersekolah di SMA TN di Magelang (Foto, dok pribadi)

    MAGELANG - Usai ayahnya ditetapkan menjadi tersangka dalam kasus pembunuhan yang menewaskan Brigadir J, anak Ferdy Sambo tak luput mendapatkan sorotan publik. Anak laki-laki Sambo dan Putri Candrawati yang kini bersekolah di sekolah yang sama dengan Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY di SMA semi militer, SMA Taruna Nusantara di Magelang.

    Ide pembuatan sekolah menengah atas berbasis semi-militer ini dicetuskan oleh Menteri Pertahanan dan Keamanan saat itu, Jenderal LB Moerdani pada tanggal 20 Mei 1985 di Pendopo Agung Taman Siswa Yogyakarta.

     Sementara itu, AHY merupakan alumnus SMA Taruna Nusantara pada tahun 1997. Bahkan, ia menjadi salah satu lulusan terbaik di angkatannya yang meraih penghargaan, yang disebut Medali Emas "Garuda Trisakti Taruna Tama".

    SMA Taruna Nusantara Yang Ada Di Magelang, Dimana Anak Ferdy Sambo, Bersekolah. (foto, Hermanto)

    Namun ada hal yang menarik dari sekolah anak sang mantan Kadiv Propam tersebut. Biaya sekolah tempat anak Sambo dan AHY menempuh pendidikan tergolong sangat tinggi. Sekolah anak laki-laki Ferdy Sambo terungkap ketika Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik menyebut jika, keberadaan Irjen Sambo dan istrinya di Magelang tidak hanya untuk mengantar anaknya yang masuk ke SMA Taruna Nusantara (TN), tetapi juga merayakan ulang tahun pernikahan.

     Lantas berapa banyak uang yang dibutuhkan agar bisa bersekolah di SMA yang diresmikan oleh Pangab (Panglima Angkatan Bersenjata) saat itu, Jenderal Try Sutrisno pada tahun 1990 itu? Biaya sekolah di SMA TN ditetapkan sesuai jalur masuk, yaitu jalur prestasi, jalur reguler dan jalur kontribusi khusus. Komponen biaya sekolah SMA TN yaitu, uang pangkal, iuran komite sekolah, biaya kontribusi khusus serta sumbangan sukarela.

     Sebelumnya hingga 2001, siswa SMA TN mendapat beasiswa penuh dengan dukungan dana dari TNI. Namun sayangnya pada tahun 2021, sekolah ini menghentikan kebijakan beasiswa penuh. Kebijakan beasiswa di SMA Taruna Nusantara saat ini diterapkan bagi pelajar terpilih yang mempunyai kesulitan keuangan. Perbedaanya adalah, beasiswa ini diberikan baik oleh individual, perusahaan maupun pemerintah daerah.

     Melansir dari berbagai sumber, berikut ini rincian biaya sekolah di SMA Taruna Nusantara pada tahun 2022.

    Jalur Beasiswa

    - Formulir: Gratis

    - Uang pangkal: Gratis

    - Iuran Komiter: Gratis

    - Kontribusi khusus: nol rupiah

    - Sumbangan sukarela: diisi sesuai kemampuan

    Jalur Reguler

    - Formulir: Gratis

    - Uang pangkal: Rp50 juta

    - Iuran Komiter: Rp1 juta

    - Kontribusi khusus: nol rupiah

    - Sumbangan sukarela: diisi sesuai kesanggupan

    Jalur Kontribusi Khusus

    - Formulir: Gratis

    - Uang pangkal: Rp50 juta

    - Iuran Komiter: Rp125 juta

    - Kontribusi khusus: nol rupiah

    - Sumbangan sukarela: diisi sesuai kesanggupan. (hm)

    magelang jawa tengah
    Hermanto

    Hermanto

    Artikel Sebelumnya

    Tidak Ada Bukti Pelecehan Yang Dilakukan...

    Artikel Berikutnya

    Forkam Minta Walikota Magelang Segera Sesuaikan...

    Komentar

    Berita terkait