September Harga BBM Dalam Negeri Alami Penyesuaian  Harga

    September Harga BBM Dalam Negeri Alami Penyesuaian  Harga
    Salah satu SPBU yang ada di Magelang, Terlihat Masih Dipadati Oleh Antrian Calon Pembeli BBM (foto, Hermanto)

    MAGELANG - Hari ini Kamis, (1/9/2022) isu naiknya harga Bahan Bakar Minyak (BBM) terjawab sudah. Ternyata apa yang menjadi gunjingan dan keresahan masyarakat akan naiknya harga BBM tidak terbukti.

    Meski PT Pertamina (Persero) telah melakukan penyesuaian terhadap BBM pada awal September 2022, namun Pertamina jusrtu menurunkan harga beberapa jenis BBM. BBM yang diturunkan harganya oleh Pertamina adalah,  harga dari Pertamax Turbo, Dex, dan juga Dexlite.

     "PT Pertamina (Persero) melakukan penyesuaian harga bahan bakar minyak (BBM) Umum dalam rangka mengimplementasikan Keputusan Menteri (Kepmen) ESDM No. 62 K/12/MEM/2020 tentang Formula Harga Dasar Dalam Perhitungan Harga Jual Eceran Jenis Bahan Bakar Minyak Umum Jenis Bensin dan Minyak Solar yang Disalurkan Melalui Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum, " tulis Pertamina di portal resminya pertamina.com.

     Sementara itu, beberapa SPBU yang ada di Magelangpun terlihat masih dipadati oleh antrian calon pembeli BBMi. tidak jauh berbeda dengan hari-hari sebelumnya.

    "Calon Pembeli BBM masih padat, meskipun tidak ada kenaikan harga, namun mereka tetap rela antri. Mungkin karena kepanikan mereka akan isu naiknya harga BBM" terang Amirul Hidayat, salah satu petugas SPBU yang ada di jalan raya Magelang Semarang.

    Perubahan harga yang ada saat ini, justru menjadi lebih rendah jika dibandingkan yang terjadi pada awal Agustus 2022 lalu. Dari harga awalnya Rp’’17.800 pada awal Agustus 2022, kini berubah menjadi hanya Rp17.100, alami penurunan hingga Rp700. Sementara, harga BBM yang sempat ditakutkan harganya naik, yaitu Pertamax dan Pertalite juga belum mengalami kenaikan. Pertamax masih tetap berada di harga awalnya seperti beberapa bulan sebelumnya yakni Rp12.500 per liter, Pertalite juga masih berada di harga yakni Rp7.650 per liter.

     Mungkin karena harga minyak dunia kembali mengalami penurunan, Pertaminapun belum jadi menaikkan harga BBM yang ada saat ini. Bahkan, harga komoditas energi penting itu anjlok hingga lebih dari 2%.

    Pada Kamis (1/9/2022) pukul 06:42 WIB, harga minyak jenis brent tercatat US$ 95, 23/barel. Ambles 2, 66% dibandingkan posisi penutupan sebelumnya. Untuk jenis light sweet harganya US$ 89, 17/barel. Berkurang 2, 69%.

    Dalam sepekan terakhir, harga brent dan light sweet ambrol masing-masing 5, 12% dan 6, 02%. Selama sebulan ke belakang, harga turun menjadi 2, 8% dan 3, 48%. (hm)

    jawa tengah magelang
    Hermanto

    Hermanto

    Artikel Sebelumnya

    Mako Polresta Magelang Akan Dirubah Menjadi...

    Artikel Berikutnya

    Kerjakan Hal Ini Dengan Segera!

    Komentar

    Berita terkait